Tugas
Kerja Proyek
1. Pengertian laporan
2. Fungsi laporan
3. Manfaat laporan
4. Ciri-ciri laporan
5. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam menyusunn
laporan
6. Jenis-jenis laporan
7. Langkah-langkah membuat laporan
8. Struktur dan kerangka laporan
Jabawan :
1.
Pengertian Laporan
laporan
adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada
dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab yang
ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau
keterangan untuk informasi yang
dibutuhkan, berdasarkan keadaan objektif yang dialami sendiri oleh si pelapor
(dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor telah melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.
2.
Fungsi Laporan
a.
Sebagai bahan pertanggung jawab
b.
Alat penyampaian informasi
c.
Alat pengawasan
d.
Bahan penilaian
e.
Bahan pengambilan keputusan
3.
Manfaat Laporan
a. Dasar
penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan.
b. Bahan penyusunan rencana kegiatan
berikutnya.
c. Mengetahui perkembangan dan proses
peningkatan kegiatan.
d. Data sejarah perkembangan satuan
yang bersangkutan dan lain-lain.
4. Ciri-ciri
Laporan
a. Ringkas.
Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.
Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.
b. Lengkap.
Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
c. Logis.
Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
d. Sistematis.
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.
5. Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan,
yaitu:
a.
laporan yang dibuat harus jelas dan
cermat
b.
harus mengandung kebenaran dan
objektivitas
c.
laporan harus lengkap
d.
laporan harus tegas dan konsisten
e.
laporan harus langsung mengenai
sasaran
f.
harus disampaikan kepada orang dan
alamat yang tepat
g.
laporan sebaiknya disertai
saran-saran
h.
harus dibuat tepat waktu
6.
Jenis-jenis
laporan:
a. Laporan berdasarkan waktu
a. Laporan berdasarkan waktu
Ø Laporan berkala adalah laporan yang dibuat secara periodik
atau rutin dalam jangka waktu tertentu (laporan harian, mingguan, bulanan, atau
tahunan). Contoh : laporan kehadiran karyawan setiap bulan.
Ø Laporan insidental adalah laporan yang dibuat apabila
diperlukan
b.
Laporan berdasarkan bentuk
Ø Laporan berbentuk surat adalah laporan yang dibuat secara
tertulis dalam bentuk surat, isinya antara satu sampai empat halaman. Contoh:
laporan jumlah siswa yang keluar dari suatu sekolah
Ø Laporan berbentuk naskah adalah laporan disampaikan dalam
bentuk naskah, baik naskah pendek maupun panjang. Contoh: laporan kegiatan
kepanitiaan atau notulen rapat.
Ø Laporan berbentuk memo adalah laporan yang ditulis
menggunakan memo. Umumnya isi laporan pendek, untuk keperluan intern dan
dilakukan antar pejabat/pimpinan.
c.
Laporan berdasarkan penyampaian
Ø Laporan lisan adalah laporan yang disampaikan secara
langsung
Ø Laporan tertulis adalah contoh: surat, naskah dan memo
Ø Laporan visual adalah laporan yang disampaikan melalui penglihatan.
Contoh: disampaikan melalui media presentasi (power point)
e.
Laporan
berdasarkan sifat
Ø Laporan biasa adalah laporan yang isinya bersifat biasa dan
tidak rahasia, sehingga jika laporan terbaca orang lain tidak menimbulkan
dampak negative
Ø Laporan penting adalah laporan yang isinya bersifat penting
dan rahasia, sehingga hanya orang tertentu saja yang boleh mengetahuinya.
f.
Laporan
berdasarkan isinya
Ø Laporan informatif adalah laporan yang isinya hanya berisi
informasi saja
Ø Laporan rekomendasi adalah laporan yang isinya bersifat
penilaian sekilas tanpa adanya pembahasan lebih lanjut
Ø Laporan analisa adalah laporan yang isinya berupa hasil
analisa secara mendalam
Ø Laporan kelayakan adalah laporan yang isinya berisi tentang
hasil penentuan kelayakan atau pemilihan mana yang terbaik
Ø Laporan pertanggungjawaban adalah laporan yang berisi
pertanggungjawaban tugas seseorang atau kelompok kepada atasan yang memberi
tugas tersebut.
7.
Langkah Langkah Membuat Laporan :
a.
Menentukan masalah yang akan
dilaporkan
b.
Mengumpulkan bahan, data dan fakta
c.
Mengklasifikasi data
d.
Mengevaluasi dan mengolah data
e.
Membuat kerangka laporan
8.
Stuktur Dan Kerangka Laporan :
a.
Pendahuluan
Ø Maksud dan tujuan penulisan laporan
Ø Masalah pokok yang dilaporkan
Ø Sistematika laporan
b.
Batang tubuh
Ø Data dan fakta pelaksanaan kegiatanKesesuaian pelaksanaan
dengan perencanaan
Ø Masalah yang terjadi
Ø Pembahasan masalah
c.
Penutup
Ø Kesimpulan, dan
Ø Saran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar